FAQ

  1. Apa yang harus dilakukan apabila nasabah tidak bisa Login Online Trading ?
    • Terjadi update failed yang harus dilakukan adalah cek koneksi internet
    • Pastikan IP update configuration adalah : updater.bnisecurities.co.id, port : 443
    • Cek tanggal PC apakah sudah sesuai dengan tanggal, bulan dan tahun hari ini
    • Apabila menggunakan internet kantor maka port 62229 dan 63339 harus dibuka terlebih dahulu.
    • Apabila menggunakan jaringan internet sendiri, maka yang harus dilakukan adalah mengecek koneksi internet tersebut, dengan cara browsing ke web yang selalu update
    • Untuk Market Info Application, pastikan Primary IP : feedgtw.bnisecurities.co.id dan Backup IP : feedgtw2.bnisecurities.co.id
    • Sedangkan Trading Application, pastikan Primary IP : trading.bnisecurities.co.id dan Backup IP : trading2.bnisecurities.co.id
    • Bila market info & trading tetap tidak bisa Login sedangkan koneksi Internet baik, segeralah hubungi Helpdesk esmart
    • Jika masih belum bisa juga coba masuk kedalam configuration ganti alamat IP dengan angka feedgtw : 202.158.47.58 ; Trading : 202.158.47.50
  2. Setelah berhasil Login, bagaimana apabila system “Hang”, tidak bisa di klik semua menu atau juga terdapat message error “an instance of this application is already Running”?
    • Lakukan End Task system esmart, pada Windows Task Manager.
    • Caranya tekan keyboard Ctrl + Alt + Delete secara bersamaan. Klik tombol Task Manager lalu pilih tab Processes.
    • Pada kolom Image Name, dan cari system javaw.exe
    • Klik tombol End Process pada pojok kanan bawah.
    • Setelah lakukan end process, tutup Windows Task Manager. Dan buka system esmart seperti biasa.
  3. Setelah berhasil Login, bagaimana apabila yang terlihat hanyalah halaman kosong ?
    • Setelah berhasil Login biasanya akan muncul tampilan standar, namun apabila tidak muncul maka setting dapat dilakukan dengan cara : Pilih Application
    • Pilih menu Load Workspace
    • Isi kolom Name & Shortcut dengan n1 atau n2 atau n6.
  4. Bagaimana cara mengganti password pada aplikasi esmart ?
    • Penggantian password dapat dilakukan pada aplikasi trading
    • Bagi nasabah yang baru Login pertama kali akan muncul perintah untuk mengganti password secara otomatis (pop up).
    • Langkah untuk mengganti password : Pada aplikasi trading, pilih Change Password
    • Masukkan password lama untuk kemudian diubah dengan password baru
    • Melakukan konfirmasi sekali lagi dengan memasukkan password yang baru
  5. Apabila Password untuk Online Trading terkunci apa yang harus dilakukan ?
    • Yang pertama harap diketahui bahwa mengganti password pada aplikasi Market Info Tidak Otomatis mengganti password pada aplikasi Trading
    • Namun apabila mengganti password pada aplikasi Trading maka password untuk aplikasi Market Info akan berubah secara Otomatis mengikuti password baru yang telah diubah.
    • Namun apabila nasabah gagal dalam mengganti password / tetap tidak bisa Login, disarankan agar nasabah tersebut me-reset password tersebut di bagian Customer Service.
  6. Bagaimana apabila angka pada IHSG tidak muncul dan prosentase perubahan harga saham pada menu Trade Watch All memiliki kelebihan angka dibelakang koma?
    • Cek settingan Regional & Language pada Control Panel.
    • Pada menu Regional Options ganti settingan standards and formats menjadi English (United States) pada umumnya setingan di situ masih Indonesian.
  7. Apa yang dimaksud status Reject pada order nasabah…?
    • Yang dimaksud Reject pada status order nasabah ialah order tersebut ditolak oleh sistem.
    • Dapat disebabkan oleh berbagai macam keadaan :
    • Security is not currently trading : saham yang diinput tidak diperdagangkan atau sesi perdagangan belum dibuka atau sesi perdagangan sudah ditutup
    • Portfolio not enough : tidak cukup memiliki suatu saham tertentu yang akan dijual
    • Nasabah melakukan kesalahan dalam memasukkan angka pada kolom harga saham dan jumlah lot
    • Limit trading not enough : tidak cukup dana dalam membeli saham
    • Trade Rule – price exceeded : batas harga yang terlampau tinggi / terlampau rendah, mengacu kepada aturan batas Auto Rejection
    • Suspend Buy : nasabah tersebut terkena larangan beli sebagai akibat masih adanya kewajiban yang masih harus dilunasi pada rekening nasabah
  8. Problem esmart pada O/S Windows Vista seringkali tidak bisa Login (muncul perintah “Application Can not Rename this Folder”). Maka langkahnya adalah
    • Pilih Start menu / Computer
    • Tutup dulu aplikasi esmart
    • Pilh Local Disc (C)
    • Buka Program File
    • Cari File esmart
    • Klik esmart
    • Di dalam esmart ada folder data
    • Pilh data
    • Dalam folder data tersebut ada folder download / download_temp
    • Kemudian folder download / download_temp tersebut di Delete
    • Login esmart kembali
  9. Langkah update esmart pada O/S Linux/Ubuntu :
    • Pilih icon Home Gallery / Sales Gallery yang ada di desktop
    • Pilih direktori esmart, biasanya berbentuk amplop
    • Pilih Data
    • Pilih folder download temp
    • Copy semua file yang ada di dalam folder download tersebut
    • Cari folder Plugin
    • Pindahkan semua file yang telah dicopy ke dalam folder plugin tersebut
    • Hapus folder download & download temp
    • Login esmart kembali
  10. Setelah market tutup, dimanakah nasabah dapat melihat dana & portfolionya ?
  11. Apakah ada perbedaan settingan pada nasabah yang ingin Login esmart di luar negeri ?
    • Untuk aplikasi market info tidak ada perubahan settingan, namun untuk aplikasi trading primary dan back up IP harus ditukar.
    • Primary IP : trading2.bnisecurities.co.id
    • Back up IP : trading.bnisecurities.co.id
  12. Bagaimana menjalankan aplikasi esmartmobile ?
  13. Handphone apa saja yang dapat menjalankan aplikasi esmartmobile ?
    • Secara teknis Handphone dan Gadget yang telah support aplikasi JAVA MIDP ver.2 dapat menjalankan aplikasi esmartmobile ini.
  14. Bagaimana apabila tidak bisa Login aplikasi esmartmobile ?
    • Bila hal ini terjadi pada Blackberry, disarankan untuk mengatur settingan APN terlebih dahulu
    • Pertama ke menu Option
    • Pilih Advanced Option
    • Pilih TCP / IP
    • Atur settingan APN sesuai Provider yang digunakan
    • Setelah APN disetting apabila masih tidak dapat Login bisa mengubah settingan server dari m.bnisecurities.co.id menjadi m2.bnisecurities.co.id yang terdapat pada menu setting.

Hal ini juga berlaku pada Hp Nokia & SE